Teknologi Kini

Informasi Teknologi Terkini

Tips Cara Membuat Lagu Serta Chord Dengan Mudah

Terkadang menciptakan lagu dan disertai dengan chord memanglah tidak semudah membalikkan tangan. Banyak sekali tahapan yang harus anda perhatikan untuk menciptakan suatu karya sebuah lagu, mulai dari perihal tema, nada maupun lirik dan lain sebagainya. Perlu kemauan yang serius dan fokus yang ekstra untuk menciptakan lagu yang bagus. Tapi tenang, kami akan membahas dasar cara membuat lagu dan chord dengan mudah dan terarah. Untuk itu simak penjelasan ini hingga akhir ya.

Sebagai permulaan anda sebaiknya mengetahui unsur – unsur yang terdapat pada sebuah karya lagu tersebut. Sebenarnya pada umunya sebuah lagu itu terdiri dari lirik dan musik. Bila kita jabarkan lebih detail lagi musik itu memiliki komponen seperti halnya irama, nada, tempo, ketukan dan lain – lain. Sehingga untuk membuat suatu karya lagu tidak bisa dipandang sepele dalam pembuatannya, bahkan seseorang musisi pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk membuat karya lagu dengan baik, anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini, yaitu:

Menentukan Genre dan Tipe Lagu

Dalam membuat Lagu pada hal awal yang dapat anda lakukan yakni dengan menentukan Genre dan Tipe Lagu yang anda inginkan. Adapun genre dan tipe lagu yang dapat terkelompokkan menjadi beberapa seperti halnya Klasik, Pop, Metal, Jazz, Rock, Dangdut dan masih banyak juga yang lainnya. Kemudian anda dapat menentukan lagu dengan bertema yang sesuai dengan genrenya semisal romantis percintaan, kebahagiaan maupun lainnya.

 

Membuat Lirik dan Kerangka Lagu

Untuk langkah yang kedua, Anda dapat menyesuaikan dengan genre dan tipe lagu yang anda inginkan. Sehingga anda akan mudah dalam menyisipkan lirik dan merancang kerangka dari suatu lagu. Dengan menambahkan lirik ini akan membuat lagu semakin jelas dan dramatis yang terangkai dalam bentuk kata – kata. Dan bagi anda yang belum mengetahui kerangka suatu lagu, anda bisa saja bebas untuk berkreasi dalam membuatnya. Sesungguhnya kerangka lagu itu terdiri dari beberapa bagian seperti intro, chorus, reff dan lainnya. Untuk memudahkan anda untuk menciptakan lagu anda dengan mudah, anda dapat membuatnya dengan lirik dan struktur kerangka lagu yang sederhana sehingga bisa anda kembangkan menjadi karya yang unik dan mudah diingat.

 

Menentukan Nada / Chord Lagu

Pada tahap ini anda harus mengetahui semua nada / chord untuk menentukannya. Karena unsur ini menjadi hal yang pokok dalam suatu lagu. Enak dan tidaknya suatu lagu ini diukur dari Nada / Chord lagu yang akan anda ciptakan. Dan tidak hanya itu nada / chord pada lagu ini akan menentukan tinggi nada vocal dalam menyanyikannya. Sehingga kreatifitas anda disini dibutuhkan untuk membuat karya yang unik dan enak untuk didengar. Dan untuk memudahkan tahapan menentukan nada / chord ini, anda dapat mencoba mengiringinya dengan alat musik piano ataupun gitar.

 

Itulah tips cara membuat lagu dengan mudah yang dapat anda gunakan sebagai referensi awal menjadi musisi profesional. Bagi anda yang masih awam mengenai komposisi lagu, anda dapat melihat karya musisi terkenal di website Junior Tekno. Banyak karya lagu dari musisi terkenal yang bisa anda amati, tiru dan modifikasi di website ini. Buatlah karya lagu dengan lirik dan chord yang simple serta mudah untuk diingat ya.

Demikian ulasan singkat ini, semoga dapat membantu anda untuk menciptakan karya lagu dengan bagus ! Jadilah pencipta musik yang unik dan pembeda yang unik.