Tips Menjelaskan Pada Anak Tentang Masalah Telat Haid

telat haid

 

Hai moms, anak moms sedang mengalami telat haid? Seringkali para moms masih bingung, gimana sih cara menjelaskan kepada anak tentang menstruasi ini. Kenapa harus kita jelaskan? Eiitss, jangan salah moms, menjelaskan kepada anak tentang haid itu penting banget loh. Apalagi berbahaya kalau anak moms mengalami telat haid.

Kenapa begitu? Karena ketika anak kita nantinya masuk masa pubertas dan mengalami menstruasi, anak kita tidak akan panic dan mereka tahu apa yang harus mereka lakukan saat mengalami hal tersebut.

Alasan Menjelaskan Haid pada Anak

Untuk para moms yang bingung cara jelasin ke anak kita tentang apa itu haid dan masalah keterlambatan haid tersebut, berikut caranya ya moms.

 

Beri pemahaman tentang apa sih itu Haid

jadi Haid adalah proses di mana dinding Rahim kita melebur karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Oleh karena itu menjadikan darah mengalir keluar melalui lubang kencing kita (perempuan).

beri tahu anak-anak kita jika menstruasi itu sebetulnya hal yang wajar oleh perempuan remaja dan dewasa.

 

Kapan Haid itu terjadi?

telat haid

jadi menstruasi bisa terjadi ketika kita sudah memasuki masa pubertas, apa sih itu pubertas? Pubertas adalah masa dimana perempuan atau laki-laki memasuke fase remaja. Dimana contohnya jika perempuan akan mengalami hal-hal seperti payudara membesar, tumbuh rambut disekitar kemaluan dan ketiak dan mestruasi tersebut.

Sedangkan untuk laki-laki akan mengalami hal-hal seperti tumbuh jakun, dada membidang dan mengalami mimpi basah. Biasanya ketika anak perempuan sekitar usia 10 tahun sampai usia 15 tahun untuk mestruasi yang pertama kalinya terjadi.

 

Masalah Telat Haid pada Anak

Para moms harus menjelaskan berapa lama sih waktu menstuasi itu berlangsung. Untuk masa menstruasi sendiri biasanya berlangsung selama 5-7 hari dalam 1 bulan. Jadi moms harus memberi tahu anak moms bahwa mentruasi itu sendiri akan dialami setiap bulan. Ada yang 1 bulan 2x kalau hormon anak kita subur.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Tips Mengolah Coklat yang Bisa Anda Coba

Tapi terkadang pula anak kita memiliki masalah telat haid yang harus kita beri tahu mereka. Melansir dari Charm Girl Talks, ada beberapa faktor pemicu yang mengakibatkan telat haid, antara lain:

 

1. Setres

Coba jelaskan pada anak bahwa setres merupakan salah satu faktor yang dapat menggangu siklus haid. Untuk itu nasehati anak untuk tidak terlalu memikirkan suatu hal dengan berat. Untuk itu luangkan waktu anda bersama anak untuk berjalan – jalan agar otak fresh terhindar dari setres.

 

2. Mengalami perubahan Berat Badan Secara Drastis

Biasanya perubahan berat badan ini berasal dari perubahan pola makan yang signifikan. Bisa saja terlalu banyak dan bisa pula terlalu membatasi porsi makannya dengan diet. Ini jelas akan mempengaruhi sistem siklus haid pada anak. Terangkan pada anak untuk tidak mengubah pola makan terlalu diforsir karena hormon progesteron dan esterogen akan terganggu.

 

3. Olahraga terlalu berat

Bagi sebagia anak, berolahraga merupakan aktivitas yang digemari oleh kebanyakan anak. Tetapi semua itu perlu ada batasannya dalam berolahraga. Tentu semakin berat anak anda berolahraga maka akan membuat tubuh mudah lelah dan keseimbangan tubuh terganggu. Sebenarnya olahraga bisa membuat haid akan lancar, tetapi kalau terlalu banyak olahraga juga tidak baik untuk sistem menstruasinya.

 

4. Konsumsi obat – obatan

Setiap obat pasti memiliki segala macam efek samping yang akan dirasakan langsung maupun tak langsung. Untuk itu penggunaan obat haruslah dalam pengawasan dokter / tim medis agar tak membuat telat haid.

 

5. Masalah pada Tiroid

Kelenjar tiroid ini merupakan penyeimbang dan mengatur seluruh metabolisme tubuh. Sesungguhnya kelenjar tiroid ini akan memproduksi 3 hormon yang berperan penting dalam seluruh kerja organ tubuh, yakni tiroksin (T4), triiodothyronine (T3), dan kalsitonin. Dengan tidak normalnya tiroid ini juga akan membuat estrogen dan progesterone tidak bekerja dengan baik dan mengakibatkan sistem haid menjadi kacau.

Baca Juga :  Obat Disentri: Cara Efektif Mengatasi Infeksi Pencernaan

 

Apa saja sih yang harus kita hindari saat menstruasi?

Umumnya untuk masalah yang harus kita hindari saat menstruasi spesifik lebih ke makanan/minuman. Saat anak menstruasi sebaiknya para moms memberitahu anak moms agar menghindari minuman bersoda, minuman beralkohol dan minuman dingin lainnya. Kenapa? Karena sangat berbahaya bagi seseorang yang sedang mengalami menstruasi mengonsumsi minuman tersebut.

Sebab, darah yang harusnya keluar malah menempel di dinding-dinding Rahim. Berbahayanya karena dapat menyebabkan kanker Rahim jika terjadi secara terus-menerus.

 

Tanda-tanda akan datangnya menstruasi

Nah untuk tanda-tanda nya itu sendiri adalah keluarnya lendir putih dari alat kemaluan kita (perempuan) yang terasa dari dalam celana dalam kita. Atau biasanya setelah payudara mulai membesar akan yang namanya menstruasi tersebut setelah kurang lebih 1-2 tahun.

 

Apa saja persiapan saat menstruasi pada anak?

telat haid

Nah, para moms, beritahu anak kita apa apa saja yang harus disiapkan saat mengalami menstruasi atau mau mengalami menstruasi. Yang pertama adalah menyediakan pembalut sebelum menstruasi. Nah moms harus beri arahan agar anak moms bisa memilih pembalut yang nyaman dipakai oleh anak moms, karena setiap orang berbeda.

Jika pendarahan moms saat menstruasi banyak, maka sarankan untuk moms beritahu untuk memakai pembalut yang ukurannya lebih panjang ya moms. Di mana mendapatkan pembalut?

Moms harus memberitahu di mana kita bisa membeli pembalut kepada anak moms, supaya anak moms nantinya ga kebingungan jika mengalami hal teresebut. Anda dapat menyarankan untuk menggunakan pembalut produk dari Charm yang memiliki banyak varian, sudah teruji dan mudah untuk didapatkan. Tak perlu diragukan lagi dari pembalut Charm ini, apalagi cocok buat remaja maupun orang tua. Itu dia moms penjelasan tentang haid dan penyebab telat haid yang harus kita sebagai orang tua sampaikan kepada anak perempuan kita ya moms, semoga bermanfaat moms.

Baca Juga :  Pahami Kelebihan dan Kekurangan Dari CCTV Wifi

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *