Teknologi Kini

Informasi Teknologi Terkini

Upaya Pencegahan Gempa bumi Untuk Meminimalisir Dampaknya

Pencegahan Gempa Bumi

Pencegahan Gempa Bumi dalam meminimalisir kerugian materil dan korban jiwa di area dengan pergeseran tanah yang tinggi adalah hal yang sangat penting. Memang fenomena gempa bumi merupakan situasi alami yang takdapat kita hindari. Mengingat wilayah Indonesia berada dilalui oleh lempengan cincin api pasifik. Sehingga kejadian gempa bumi di Indonesia tergolong satu hal yang sering terjadi.

Apalagi gempa bumi merupakan hal yang tidak bisa diprediksikan secara terperinci. Tapi sebagai masyarakat Indonesia harus memperhatikan beberapa faktor ini agar bisa menegah kerugian secara mendalam. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan guna mengantisipasi  dampak dari gempa bumi, antara lain:

Persiapkan Simuasi Pengevakuasian Bila Terjadi Gempa Bumi

Untuk hal yang penting pertama kali dan wajib untuk dilakukannya simulasi evakuasi darurat ketika terjadi gempa bumi. Pelatihan simulasi ini bertujuan agar masyarakat sekitar bisa memahami pengetahuan akan potensi bahaya yang diakibatkan dari gempa bumi ini. Mulai dari merunduk, melindungi kepala dari puing ‚Äď puing material hingga berlindung di area yang aman. Selain itu persiapkanlah area terbuka yang jauh dari potensi tertimpa material bangunan maupun pohon tumbang sebagai tempat berkumpul yang aman. Dengan demikian antisipasi korban jiwa dari gempa bumi ini bisa kita cegah.

 

Mendesain Kontruksi Bangunan yang Tahan Terhadap Gempa Bumi

Selanjutnya bila potensi gempa bumi di wiayah anda cukup tinggi, untuk amannya bangunlah rumah atau bangunan tersebut sesuai dengan konstruksi tahan terhadap gempa bumi. Bila gempa bumi terjadi dan anda sedang berada di dalam bangunan akan aman.

Dan yang takkalah pentingnya anda harus ada di bangunan tersebut adalah APAR dan Kotak P3K. Dalam rangka upaya antisipatif ketika dampak gempa bumi ini mengakibatkan kebakaran. Dengan cepat dan tanggap anda bisa memadamkan api dengan tuntas dan mengobati luka.

 

Melakukan Survei Multi-Channel Analysis of Surface Waves (MASW)

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini potensi gempa bumi bisa diprediksi secara ilmiah. Metode yang digunakan adalah Multi-Channel Analysis of Surface Waves (MASW). Dalam pengaplikasiannya MASW ini adalah bentuk dari soil investigation yang meneliti dari karakteristik tanah tersebut. Dari metode itu akan didapatkan dari dasar tanah dengan nilai tingkat kekerasan tanah berdasarkan dari nilai kecepatan geombang geser (Vs). Dengan metode MASW ini berguna untuk mengidentifikasi seimik yang sesuai karakter geoteknik yang dekat permukaan dengan memanfaatkan gelombang permukaan Rayleigh.

 

 

Salah satu perusahaan yang praktisi memiliki lisensi dan Peralatan lengkap dalam melakukan metode MASW ini adalah PT. Antesena Geosurvey Indonesia. Dan yang terpenting perusahaan profesional ini telah berpengalaman dan dipercaya dalam menjalankan proyek skala nasional maupun internasional.

Bagi anda yang sedang membutuhkan tenaga ahli yang cukup mumpuni dalam Upaya Pencegahan Gempa Bumi untuk kebutuhan proyek anda, bisa langsung menghubungi tim PT. Antesena Geosurvey Indonesia.

Untuk detailnya silahkan kunjungi website resminya di https://antesena-geosurvey.com/.

Semoga bermanfaat ya!