Tips Memilih Kabel Untuk Instalasi Listrik Pada Gedung atau Rumah

Dalam membangun gedung atau rumah, kabel untuk instalasi listrik merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar instalasi listrik menjadi aman dan tidak membahayakan orang lain. Kabel untuk instalasi listrik memiliki banyak ukuran dan jenis sesuai dengan kegunaan kabel tersebut. Anda harus berhati-hati dalam memilih kabel yanga akan anda gunakan pada gedung atau rumah anda. Jika anda tidak berhati-hati dalam memilih kabel maka akan bisa terjadi konsleting listrik. Tentunya anda tidak ingin hail itu terjadi bukan. Nah, berikut ini adalah tips dalam memilih kabel yang baik untuk instalasi gedung atau rumah

Sesuaikan ukuran kabel dengan daya listrik

Kabel memiliki berbagai macam ukuran. Ada kabel yang berukuran kecil, sedang, maupun besar. Anda harus memilih ukuran kabel yang disesuaikan berdasarkan daya listrik yang akan anda gunakan. Jika daya listrik rumah atau gedung anda kecil, maka anda bisa memilih menggunakan kabel yang berukuran kecil. Begitu pula sebaliknya, jika daya listrik rumah atau gedung anda besar, anda bisa memilih kaber yang berukuran sedikit lebih besar. Kalkulasikan secara tepat karena semakin besar beban yang ditopang, maka luas penampangnyapun harus disesuaikan dengan arus yang mengalir nantinya. Perlu perencanaan yang matang untuk mendesain instalasi listrik ini ya.

Sesuaikan jenis kabel dengan kebutuhan

Sama seperti ukuran kabel yang bermacam-macam, kabel juga memiliki jenis yang bermacam-macam. Macam-macam jenis kabel antara lain kabel NYA, NYM, NYAF, NYMHY, NYY, dan NYYHY. Dari banyaknya jenis kabel tersebut, anda bisa menentukan jenis kabel yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan rumah atau gedung anda.

Pilih merek kabel yang berkualitas

Sebelum membeli kabel listrik, anda harus melihat merek kabel tersebut. Merek kabel yang baik pastinya sudah memenuhi standart kabel SNI atau LMK. Jangan karena tergiur dengan harga murah anda mengabaikan kualitas materialnya. Sehingga anda harus berhati-hati dalam memilih kabel ini. Karena resikonya bisa mengakibatkan kebakaran bila anda memilihnya secara sembarangan.

Baca Juga :  Ketahuilah Manfaat Rehabilitasi Bagi Pengguna Narkoba

 

Itu tadi beberapa tips dalam memilih kabel yang baik untuk instalasi gedung atau rumah yang dapat anda ketahui. Pastikan pilih utamakan kualitas dan keamanan instalasi listrik rumah dan gedung anda agar kehandalan sistemnya terjaga. Semoga bermanfaat ya!

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *