Teknologi Kini

Informasi Teknologi Terkini

Tahapan Metode Rehabilitasi yang Tepat Bagi Pengguna Narkoba

Seperti yang kita ketahui, narkoba memiliki dampak yang tidak bagus untuk penggunanya baik secara kesehatan maupun mental. Sehingga perlunya dilakukan rehabilitasi untuk mengalihkan kecanduan terhadap zat haram tersebut. Karena dengan rehabilitasi ini para pecandu NAPZA akan membuat mereka lepas dari ketergantungan pada obat terlarang ini.

Sesuai dengan pasal 54 UU No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, mewajibkan para pengguna narkoba untuk melakukan rehabilitasi tersebut. Oleh karena itu pihak keluarga berkewajiban untuk membantu anggota keluarganya untuk melakukan rehabilitasi. Karena hanya orang terdekatnya lah yang bisa menyelamatkan pecandu narkotika dari rasa kecanduan tersebut.

Nah untuk itu anda harus mengetahui tahapan – tahapan Metode Rehabilitasi Bagi Pengguna Narkoba. Melansir dari Times Indonesia, berikut ini tahapan – tahapan metode rehabilitasi yang tepat untuk pengguna Narkoba, antara lain:

Tahap Rehabilitasi Secara Medis

Pada awalnya rehabilitasi yang pertama adalah rehabilitasi secara medis. Tentu dengan penggunaan narkoba ini akan memberikan dampak langsung pada kesehatannya. Sehingga diperlukan untuk tahap penyembuhan terlebih dahulu.

Dalam tahapan metode ini membutuhkan tim kesehatan yang sudah mumpuni dalam penanganan narkoba ini. Tidak boleh sembarangan orang yang bisa menangani pecandu narkoba ini dalam metode penyembuhannya.

Tahap Rehabilitasi Secara Non-Medis

Yang termaksudkan dari rehabilitasi secara non medis adalah penyembuhan psikis dan mental. Untuk menghilangkan rasa ketergantungan obat ini, membutuhkan pendekatan secara humanis. Sehingga pelaku pengguna narkoba ini akan merasa diperhatikan untuk meninggalkan obat terlarang tersebut.

Dalam pelaksaannya biasanya menggunakan kegiatan keagamaan, bimbingan konseling, terapi kelompok dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk merubah kebiasaan kecanduan ini akan membutuhkan banyak pihak sebagai pendukungnya.

Tahap Pembinaan Lanjutan

Pada tahapan selanjutnya ini, pengguna narkoba akan mendapatkan pembinaan lanjutan setelah melalui tahapan sebelumnya. Setelah dinyatakan sembuh, pengguna narkoba itu tidaklah dibiarkan begitu saja. Perlu pendampingan sungguh – sungguh agar tidak mendekati dan kecanduan baranmg haram tersebut. Faktor lingkungannya pun perlu pengawasan yang ekstra guna menghindari kembalinya sebagai pengguna Kembali.

 

Itulah beberapa hal tahapan dalam rehabilitasi pengguna narkoba untuk bisa sembuh dan sehat kembali. Salah satu Lembaga rehabilitasi yang berkualitas dan berpengalaman untuk menangani pengguna narkoba adalah dari Ashefa Griya Pusaka. Tentu anda tidak perlu khawatir, Lembaga ini memiliki keunggulan yakni mengutamakan kenyamanan, humanis dan mampu menjaga kerahasiaan identitas pasiennya. Tapi yang terpenting lindungilah anggota keluarga anda dari jeratan narkoba ini. Bila pun anda mendapati anggota keluarga sudah terjerumus menjadi pengguna narkoba, sebaiknya anda bisa konsultasi secara langsung ke Ashefa Griya Pusaka melalui Hotline 0813 8888 4646 atau bisa kunjungi website resminya https://ashefagriyapusaka.co.id/.

Semoga bermanfaat ya!