Perhatikan Aturan Penting Ini Jika Ingin Modifikasi Motor

modifikasi motor sesuai aturan

Modifikasi motor aman kena tilang jelas tidak lepas dari aturan yang harus Anda ikuti. Dalam dunia motor, modifikasi adalah hal biasa dan terkadang menjadi wajib dilakukan oleh biker. Tapi, jika tidak sesuai aturan, tentu saja akan menyebabkan Anda ditilang. Ini jelas menjadi hal yang perlu Anda hindari saat ingin modifikasi motor.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia modifikasi motor adalah hal yang sangat seru dan juga menyenangkan. Apalagi ketika modifikasi motor dengan desain yang diinginkan, bisa jadi ini adalah mimpi dari banyak biker. Akan tetapi tetap saja ada aturan yang perlu Anda perhatikan jika ingin melakukan modifikasi motor, yaitu sebagai berikut:

Hindari Mengubah Ukuran atau Dimensi

Aturan pertama yang harus Anda perhatikan adalah menghindari mengubah ukuran atau dimensi kendaraan roda dua kesayangan. Mungkin Anda pernah melihat motor yang ukurannya berbeda dari kebanyakan, tapi nyatanya hal ini tidak boleh dilakukan jika tidak melalui proses yang ada.

Mengubah dimensi dapat dilakukan apabila Anda melakukan uji coba ulang terhadap motor. Ini pun harus melibatkan banyak proses yang harus Anda lalui dan pahami. Maka daripada itu, lebih baik berpikir ulang jika ingin melakukan modifikasi dengan mengubah dimensi. Jika tidak Anda turuti jelas akan kena denda, tilang hingga disita.

Hindari Menggunakan Warna Berbeda

Aturan lain yang juga tidak boleh Anda remehkan adalah menghindari warna berbeda pada motor. Penggantian warna dasar pada motor bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Bahkan ada banyak biker yang mengubah warna motor dan terlihat berbeda. Tapi, sekali lagi mereka mengganti warna motor karena sudah sesuai dengan aturannya.

Untuk mengganti warna motor, Anda harus mendapatkan surat keterangan dari bengkel dan membawanya ke Samsat beserta surat lain. Dengan begini Anda akan mendapatkan surat kendaraan baru yang sesuai dengan motor.

Baca Juga :  Dokumen yang Bisa Diterjemahkan Menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah

Tidak Menggunakan Aksesoris yang Tidak Standar

Aturan terakhir adalah dengan memastikan bahwa Anda memasang aksesoris standar dan tidak berlebihan. Bila Anda menggunakan aksesoris tidak standar, jelas akan terkena tilang saat motor digunakan di jalanan. Sudah banyak sekali kasus dimana motor kena tilang karena menggunakan aksesoris yang tidak sesuai dengan standar aturan yang berlaku.

Melakukan modifikasi motor sesuai aturan adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan dan perhatikan dengan baik. Sudah banyak biker yang menelan pil pahit karena melakukan modifikasi tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Suryanation adalah salah satu komunitas yang akan memandu Anda untuk modifikasi motor tanpa melanggar aturan. Anda bahkan bisa mendapatkan berbagai tips bermanfaat terkait dengan modifikasi motor yang benar. Apalagi Anda juga bisa mengikuti aneka acara seru yang jelas memberikan vibe positif di Suryanation.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *