Pahami Tes Intelegensi Umum (TIU) dalam Mengukur Kecerdasan Intelektual

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Ketika anda ingin mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ataupun seleksi PPPK, anda pastinya akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes tiu ini dapat membuat anda mengetahui seberapa baik kemampuan berpikir calon PNS dan PPPK tersebut. sehingga mereka yang terpilih tentunya yang memiliki nilai intelegasi umum yang tinggi dan nantinya akan membuat mereka bisa melakukan pekerjaannya dengan mudah.

Namun, masih banyak orang yang merasa asing dengan Tes Intelegensi Umum (TIU). jika anda belum mengetahui mengenai tiu, berikut ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai tiu. Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Tes Intelegensi Umum

Tes intelegensi Umum atau TIU adalah salah satu bentuk tes psikologi yang bisa mengungkapkan pencapaian seseorang secara intelektual. Hasil dari tes tersebut dapat mengukur bagaimana kualitas intelektual seseorang dan seberpa tinggi ringkat kecerdasan atai IQ dari orang tersebut. kemampuan yang akan anda ukur dalam tes TIU adalah kemampuan numerik, verbal, figural serta kemampuan berpikir secara logis dan analitis.

Fungsi Tes Intelegensi Umum

Tes intelegensi umum memiliki bebrapa fungsi, antara lain:

  • Alat untuk mengukur kemampuan figural, numerik, verbal, berpikir logis dan analitis dari seseorang
  • Upaya untuk mendapatkan calon pekerja atau karyawan yang berkualitas
  • Upaya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sesorang yang berkaitan dengan pekerjaannya.

Jenis Tes Intelegensi Umum

Tes intelegensi secara umum terbagi menjasi tiga jenis, yaitu:

Tes intelegensi bagi anak-anak

Contohnya tes binet, WPPSI, WISC, CFIT skala 1 dan 2, dan TIKI Dasar, dan lain sebagainya.

Tes intelegensi bagi remaja sampai orang dewasa

Contohnya TIKI menengah, CFIT skala 3 dan lain sebagainya.

Tes intelegensi bagi tuna rungu

Contohnya tes SON.

Baca Juga :  Tips Renovasi Kamar: Membuat Kamar Impian Anda Menjadi Kenyataan

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Tes Intelegensi Umum. Ada banyak latihan soal yang bisa anda kerjakan untuk emmbantu meningkatan nilai tes Intelegensi umum anda. Dapatkan info lengkapnya di website https://bluepoin.com yang membahas segala macam informasi dan tips yang akan membantu anda.

 

Mengutip dari https://bluepoin.com, kami juga akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membuat daftar pustaka di zotero. Untuk membuat daftar pustaka menggunakan zotero sangatlah mudah, berikut ini caranya.

  1. Install aplikasi zotero pada laptop anda, setelah itu buka aplikasi zotero. Lalu, anda bisa menambahkan sumber referensi yang ingin anda buat dengan mengklik menu new item. Selanjutnya pilihlah salah satu jenis referesi yang ingin anda buat, misalnya buku.
  2. Setelah memilih buku, masukkan data buku referensi anda. Data tersebut mulai dari peulis, tahun terbit, judul buku, tahun terbut, kota terbit, dan penerbitnya. Jika sudah selesai, klik enter.
  3. Pilih dan buka file yang akan anda berikan daftar pustakanya, lalu pilih zotero. Untuk menambahkan daftar pustaka, klik add atau edit bibliography.
  4. Setelah itu pilih citation style yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Daftar pustaka tersebut akan muncul secara otomatis.

Itulah cara mudah membaut daftar pustaka di zotero, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ya.

 

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *