Kenali Keunggulan Teknologi 5G Terkini

 

Zaman memang berkembang semakin pesat. Salah satu bukti berkembangnya teknologi adalah munculnya teknologi 5G. Teknologi ini mulai hadir di berbagai operator telekomunikasi di Indonesia. Dengan adanya teknologi 5G banyak  produsen ponsel yang memproduksi ponsel yang mendukung teknologi 5G.

 

Teknologi jaringan 5G

Jaringan 5G merupakan jaringan yang dipakai pada generasi kelima yang melebihi standar 4G. Teknologi 5G dibuat untuk meningkatkan  kecepatan dan fleksibilitas layanan nirkabel. Mneurut Informasi Teknologi yang beredar 5G memiliki kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses selular dan wifi. Sehingga pengguna dapat teruss terhubung meskipun berpindah dari koneksi nirkabel luar ruangan ke jaringan nirkabel tanpa harus menghubungkan ulang.

Kecepatan data 5G jauh lebih cepat dibandingkan jaringan 4G. Sehingga pengguna lebih mudah dan nyaman ketika menggunakannya.  Jaringan ini menjadi inovasi terbaru dalam dunia digital.

 

Cara kerja teknologi 5G

Radio baru 5G mampu men cakup spektrum yang tidak dipakai oleh 4G. Antena baru akan menggabungkan MIMO masif (beberaapa masukan, banya keluaran) yang memungkinkan banyak pemancar dan penerima mengirim banyak data pada saat  yang bersamaan.

 

Perkembangan teknologi

a. Generasi pertama – mengirim suara analog

b. Generasi kedua – memperkenalkan suara digital

c. Generasi ketiga – membawa data selular

d. Generasi keempat – broadaband seluler

5G dirancang dengann kapasitas yang luas dan memberikan laayanan baru. 5G merupakan generasi yang lebih unggul  daripada generasi yang tersedia sebelumnya.

 

Keunggulan teknologi 5G

1. Koneksi internet cepat

Jaringan 5G memiliki kecepatan hingga 10 Gbps yang 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Dengan kecepatan tersebut maka pengguna dapat menonton film dengan kualitas gambar yang bagus.

Baca Juga :  Inilah Cara Memasang Internet di Rumah yang Dapat Anda Ikuti

 

2. Kapasitas yang banyak

Jaringann 5G menawarkan kapasitas ruang yang lebih besar daripada jaringan 4G. Sehingga apabila banyak pengguna yang mengakses internet secara bersamaan tidak akan menurunkan kecepatan jaringan.

 

3. Latensi lebih rendah

Jaringan 5G memiliki latensi yang rendah dibandingkan jaringan 4G. Latensi merupakaan jeda waktu untuk mengirimkan data  dari pengerim ke penerima. Latensi yang rendah sangat cocok untuk menerapkan aplikasi virtual reality dan augmented reality.

 

4. Bandwidth lebih besar

Jaringan 5G mengkombinasikan kecepatan yang tinggi dan kapasitas jaringan yang besar sehingga menciptakan jumlah data yang besar yang kemudan ditransmisikan.

 

Meskipun memiliki banyak sekali keunggulan, namun jaringan 5G masih terkendala di beberapa tempat. Berbeda dengan 4G yang sudah menjangkau diberbagai daerah hingga di  desa sekalipun. Tentunya jaringan 5G diharpakan dapat meluas dan merapat di berbagai daerah agar inovasi jaringan 5G dapat memberikan pengalaman jelajah terbaik bagi penggunanya.

Jangan sampai anda ketinggalan berita teknologi dari Ninja Tekno, portal kabar tekno terkini yang hits saat ini. Kunjungi https://ninjatekno.com untuk dapatkan info teknologi terpercaya.

Semoga bermanfaat ya !

 

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *