Teknologi Kini

Informasi Teknologi Terkini

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Membangun Fondasi Bangunan

pipe locator

 

Membangun rumah atau gedung memang menjadi sebuah pekerjaan yang membutuhkan ahli dalam bidang kontruksi. Tidak hanya pekerjanya, peralatan khusus juga perlu tersedia untuk melancarkan proses pembangunan seperti pipe locator.

Sebagai pemilik lahan, kamu sebaiknya tidak begitu saja melepas atau mempercayakan pengerjaan rumah kepada tenaga kontruksi. Kamu perlu mengawasi proses pembangunan dari awal hingga selesai.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan membangun fondasi bangunan. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Memeriksa Aturan Pendirian Bangunan

Sebelum mendirikan fondasi rumah, kamu perlu memeriksa beberapa aturan yang berkaitan dengan pembangunan rumah atau gedung seperti izin bangunan dan lainnya. Jangan lupa juga periksa aturan mengenai tinggi maksimal bangunan.

 

Identifikasi Tanah

Sebelum membangun fondasi rumah, kamu juga perlu mengidentifikasi lahan yang akan kamu bangun. Cobalah untuk melakukan komunikasi dan diskusi dengan kontraktor mengenai keadaan lahan tersebut.

Dengan langkah ini, kontraktor akan lebih memahami apa yang harus mereka putuskan terutama dalam proses pembangunan. Apabila ada masalah seputar lahan, segera mencari solusi dan selesaikan bersama kontraktor.

 

Lakukan Tes Tanah

Jenis tanah di setiap lokasi pasti akan berbeda. Ada jenis tanah yang kuat dan ada juga yang kurang cocok untuk pembangunan rumah maupun gedung. Jika kamu dan kontraktor sudah mengetahui jenis tanah, pastinya kamu akan lebih tenang menempatinya jika rumah telah jadi nanti.

 

Memastikan Utilitas Terhubung

pipe locator

Membahas mengenai utilitas, sebelumnya membangun fondasi rumah, lebih baik kamu bersama kontraktor memastikan utilitas apa saja yang terhubung dan berfungsi dengan baik. Misalnya, pipa listrik atau air di rumah.

Apabila ada gangguan terhadap perangkat tersebut, pasti akan berdampak fatal pada distribusi listrik maupun air. Jika kamu mempunyai lahan kosong yang belum memiliki bangunan, kamu bisa mempersiapkan utilitas supaya terhubung dengan lahan tersebut.

 

Memeriksa Jalur Utilitas Bawah Tanah

Selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada jalur utilitas bawah tanah yang akan terganggu karena proses pembangunan. Ketika kamu mengabaikan hal penting ini, maka mungkin saja akan ada pipa atau kabel yang terputus atau tersangkut.

Nah, oleh sebab itu penggunaan alat pipe locator sangat penting untuk bidang kontruksi. Perangkat ini berfungsi untuk mendeteksi dan menggambarkan lokasi pipa maupun kabel yang terkubur di tanah.

 

Antesena Geosurvey merupakan perusahaan yang menawarkan produk pipe locator terbaik seperti merk radiodetection. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi antesena-geosurvey.com. Semoga bermanfaat!